WidgetBucks - Trend Watch - WidgetBucks.com

Jumat, 24 Agustus 2007

26 DOKTER DISIAPKAN UNTUK PERIKSA CAGUB KALBAR

Pontianak, 24/8 (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalimantan Barat menyiapkan 26 dokter untuk melakukan pemeriksaan mental dan jasmani terhadap pasangan yang telah mendaftar sebagai bakal calon (Balon) Gubernur Periode 2008-2013.

"Dokter yang disiapkan itu memiliki spesialisasi yang berbeda mulai dari penyakit dalam, telinga hidung tenggorokan, kebidanan dan kandungan hingga syaraf," kata Ketua Kelompok Kerja (Pokja) Pencalonan KPU Kalbar, Nazirin di Pontianak, Jumat.

Ia menambahkan, untuk pelaksanaan pemeriksaan kesehatan itu, KPU mendapat rekomendasi dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) mengenai dokter dan rumah sakit yang dianggap layak. KPU Kalbar, kata Nazirin, hanya menyiapkan petunjuk teknis dari hasil pemeriksaan yang ingin dicapai.

Pelaksanaan pemeriksaan mental dan jasmani balon gubernur tersebut akan dilakukan di RSUD dr Soedarso Pontianak dan Rumah Sakit Layanan Khusus Sungaibangkong Pontianak.

Jadwal pemeriksaan dimulai sejak 27 - 30 Agustus yang disesuaikan dengan nomor urut pendaftaran serta tes kesehatan yang akan dilaksanakan masing-masing balon gubernur dan wakil gubernur.

Menurut Nazirin, tim dokter itu akan memberikan rekomendasi atas penilaian mental dan jasmani balon berupa ada atau tidaknya disabilitas yakni ketidakcakapan yang dapat menghambat atau meniadakan kemampuan dalam menjalankan tugas dan kegiatan sebagai gubernur/wakil gubernur.

Disabilitas ini cukup menentukan kelanjutan pasangan balon karena kalau ditemukan maka akan dinyatakan tidak memenuhi syarat secara kesehatan jiwa dan atau jasmani.

Waktu setiap pemeriksaan diperkirakan cukup lama. "Untuk pemeriksaan jasmani di RSUD dr Soedarso saja waktu yang dibutuhkan mungkin sekitar sembilan jam," kata Nazirin.

Sementara itu, memasuki hari keempat pendaftaran belum ada tambahan figur pasangan bakal calon gubernur yang mendaftar ke KPU Kalbar. Hanya pasangan Akil Mochtar (anggota Komisi III DPR RI) - Anselmus Robertus Mecer (aktivis pemberdayaan ekonomi kerakyatan) yang diusung delapan partai gurem yang tergabung dalam Koalisi Rakyat Kalbar Bersatu (KRKB) telah mendaftar pada hari pertama, Selasa (21/8).

Informasi yang dihimpun, figur lain yang juga siap maju seperti Cornelis (Bupati Landak) dikabarkan akan mendaftar pada Senin (27/8) malam hari. Sedangkan pasangan incumbent Usman Ja'far - LH Kadir pagi harinya.

Sementara untuk Oesman Sapta (pengusaha) yang juga siap maju dalam Pilgub Kalbar, pihak KPU Kalbar mendapat informasi akan mendaftar pada Minggu (26/8). (T011/