WidgetBucks - Trend Watch - WidgetBucks.com

Sabtu, 15 September 2007

VERIFIKASI BAKAL CALON GUBERNUR KALBAR DISERAHKAN KE PLENO

Pontianak, 15/9 (ANTARA) - Komisi Kerja (Pokja) Pencalonan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalimantan Barat telah menyerahkan hasil verifikasi terhadap syarat administrasi dan kelengkapan bakal calon gubernur ke rapat pleno.

"Sekarang tinggal menunggu hasil rapat pleno untuk penetapan pasangan bakal calon Gubernur yang bakal maju saat kampanye," kata Ketua Pokja Pencalonan KPU Kalbar, Nazirin di Pontianak, Minggu.

Rapat pleno penetapan pasangan calon Gubernur Kalbar periode 2008-2013 dijadwalkan berlangsung pada Kamis (20/9), sedangkan penentuan nomor urut Senin (24/9).

Nazirin mengatakan, saat melakukan verifikasi dan klarifikasi, ada sejumlah masukan dari masyarakat mengenai pasangan bakal calon yang sudah mendaftar. Salah satunya mengenai status pendidikan dan surat dukungan dari partai.

"Setelah diklarifikasi, status pendidikan dari semua bakal calon tidak bermasalah. Begitu juga surat dukungan dari partai," katanya.

Ia menambahkan, dengan pertimbangan tersebut, persyaratan tiap pasangan dianggap sudah terpenuhi. Namun, lanjutnya, keputusan terakhir berada di rapat pleno.

Nazirin juga menghimbau masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya pada pemilihan gubernur yang dijadwalkan 15 Nopember 2007. Sementara untuk kalangan jurnalis, meski bertugas pada hari-H, tetap dapat menyalurkan hak suara ke tempat pemungutan suara (TPS).

Menurut Nazirin, jurnalis termasuk profesi yang memiliki tugas khusus seperti perawat, dokter dan pemantau. "Mereka dapat menyalurkan hak pilihnya ke TPS yang berada dekat dengan tempat kerja. Tidak harus di tempat mereka terdaftar," katanya.

Mereka cukup menunjukkan kartu pemilih dan kartu profesi ke petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di TPS dimaksud.

"Asal formulir pendaftaran mencukupi dan memenuhi syarat, KPPS harus menerima mereka untuk menyoblos," kata Nazirin.

Untuk lebih memperkuat persyaratan, profesi yang memiliki tugas khusus dapat meminta surat keterangan dari KPU kabupaten/kota guna memperjelas status.

Empat pasang bakal calon telah mendaftar ke KPU Kalbar untuk menjadi Gubernur - Wakil Gubernur periode 2008 - 2013. Yakni, berdasarkan urutan pendaftaran, Akil Mochtar (anggota Komisi III DPR RI) - Anselmus Robertus Mecer (aktivis pemberdayaan ekonomi kerakyatan), Oesman Sapta Oedang (pengusaha) - Ignatius Lyong (birokrat), incumbent Usman Ja'far - Laurentius Herman (LH) Kadir, dan Cornelis (Bupati Landak) - Christiandy Sanjaya (Kepala Sekolah SMK Immanuel Pontianak). (T011/