WidgetBucks - Trend Watch - WidgetBucks.com

Sabtu, 03 November 2007

DISHUB PROTES SEMRAWUTNYA POSTER CAGUB KALBAR

Pontianak, 3/11 (ANTARA) - Kepala Dinas Perhubungan Kota Pontianak, Muhammad Akip, memprotes pemasangan poster, baliho dan umbul-umbul pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Kalimantan Barat periode 2008-2013, d sarana rambu-rambu lalu-lintas dan fasilitas umum lainnya.

"Kita berharap para kandidat dan tim kampanye masing-masing pasangan calon gubernur Kalbar, tidak memasang poster gambar salah satu calon di sarana rambu lalu lintas, karena selain merusak pemandangan juga membahayakan keselamatan pengguna jalan," kata Muhammad Akip, di Pontianak, Sabtu.

Ia mengatakan, akibat ditempelnya berbagai poster pasangan calon yang akan maju 15 November mendatang. Setiap tiang rambu pengatur lalu lintas dan petunjuk lalu-lintas di Kota Pontianak dan sekitanya menjadi berwarna-warni.

"Padahal banyak di antara rambu-rambu pengatur lalu lintas baru saja dipasang dan dicat," keluhnya.

Muhammad Akip, menambahkan, pihaknya tidak bisa berbuat banyak atas ulah tim sukses pasangan calon yang semena-mena memasang berbagai poster dan atribut partai, karena belum ada Peraturan Daerah (Perda) yang khusus mengatur itu.

Hal senada juga dikeluhkan, Manajer PT (Persero) PLN Cabang Pontianak, Indradi Setiawan, malah pihaknya jauh hari sebelum kampanye pasangan calon Pilgub telah mengirimkan surat himbauan kepada Komisi Pemilihan Umum Daerah Kalbar, agar memperingatkan para pasangan calon gubernur agar tidak memasang ataupun menempel baliho, umbul-umbul dan stiker di fasilitas PLN.

Sebelumnya, Ketua KPUD Kalbar, Aida Mochtar mengatakan, pihaknya tidak bisa berbuat banyak mengenai penertiban baliho dan umbul-umbul kampanye, karena tidak ada Undang-undang secara khusus yang mengaturnya.

Berbagai umbul-umbul, baliho, dan poster banyak terpasang di tempat-tempat yang dinilai oleh tim sukses pasangan calon gubernur strategis, seperti, di persimpangan jalan protokol Kota Pontianak, tiang-tiang listrik, jembatan penyeberangan umum, tiang rambu dan lampu traffic light, tembok rumah milik warga dan lain-lain.

Berdasarkan penetapan nomor urut para calon, urut 1. Usman Ja'far - Laurentius Herman Kadir, urut 2. H Oesman Sapta Odang - Ignatius Lyong, urut 3. HM Akil Mochtar - AR Mecer dan urut 4. Cornelis - Christiandy Sanjaya.

Saat ini, empat pasang calon gubernur Kalbar, sedang melakukan tahapan kampanye, 29 Oktober hingga 11 Nopember.